Masjid Agung Madiun

Kamilah Travel Jatim : Jika mengunjungi Kota Madiun, gunakan Kamilah Travel Jurusan Surabaya-Madiun, kami siap mengantarkan anda hingga ke depan pintu rumah.

DSC_0761 OK

lampu gantung kristal di bawah kubah Masjid Agung Madiun

Di pusat Kota Madiun terdapat Masjid Agung Baitul Hakim merupakan masjid terbesar di Kota Madiun, berdiri kokoh di sebelah barat alun-alun Kota Madiun. Diperkirakan dibangun pada zaman kolonial Belanda pada saat di pimpin oleh Ronggo Jumeno yaitu sekitar tahun 1830 an masehi. Akan tetapi renovasi secara besar itu di mulai pada tahun 2002 yang ditandai dengan sebutan pemasangan tiang seribu yang masih mempertahankan 4 pilar utama dari kayu seperti ciri khas masjid jawa pada umumnya. Pada tahun 2011 renovasi terakhir dilakukan dengan menambah luas serambi masjid membangun kubah dan menara hingga seperti saat ini.

Bahan dan ornamen areal Mimbar dan Kubah Masjid AgungMadiun terbuat dari kayu jati tua. Dipadukan dengan lampu gantung kristal yang indah menjadikan ruang mimbar begitu sempurna.

Setelah mengalami beberapa kali pemugaran masjid ini semakin apik dan anggun menghiasi kota Madiun. Warna dan ornamennya yang begitu indah, serasa berada di masjid Nabawi.

(dta/kamilah travel/2015)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *